Biaya Hidup Mahasiswa di Makassar Mulai Dari Biaya Makan, Tempat Tinggal, Transportasi dan Hiburan

Biaya Hidup Mahasiswa di Makassar - Kota utama yang menjadi rujukan untuk kuliah bagi mahasiswa di wilayah Indonesia Timur adalah Makassar. Apalagi karena ada sejumlah kampus ternama.

 

Biaya Hidup Mahasiswa di Makassar

Hal ini pula yang membuat Makassar ramai ditinggali oleh pendatang. Namun, biaya hidup mahasiswa di Makassar terbilang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan kota-kota lain, Makassar memang dikenal sebagai kota dengan biaya hidup mahal.

 

Berikut rincian biaya hidup mahasiswa di Makassar yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah di sana.

 
Biaya Makan Mahasiswa di Makassar

Biaya yang harus disiapkan dan bisa dihabiskan untuk makan tentunya tidak sama antara satu orang dengan orang lain.

 

Kendati demikian, rata-rata untuk sekali makan mahasiswa bisa harus merogoh kocek  sebesar Rp.20.000. Tetapi jika kamu jeli, ada juga tempat makan yang menjual makanan dengan harga sekitar Rp.10.000.

 

Jadi jika ditotal maka dalam satu bulan mahasiswa bisa menghabiskan biaya sebesar Rp.900.000 hingga Rp.1.800.000. Biaya itu sudah termasuk untuk makan tiga kali sehari.

 

Jika ingin berhemat, maka kamu bisa mencari tempat makan yang menjual makanan berharga terjangkau.

 

Biaya Tempat Tinggal

Untuk biaya tempat tinggal mahasiswa di Makassar juga terbilang lumayan mahal. Namun, biaya tempat tinggal akan lebih hemat jika kamu menyewa atau mengontrak rumah bersama-sama.

 

Harga sewa kontrakan mulai dari harga Rp.9.000.000 per tahunnya. Adapun untuk biaya kos, kamu harus menyediakan uang sekitar Rp.500.000 per bulan.

 

Biaya transportasi di Makassar

Beda dari biaya makan yang cukup mahal, ongkos untuk transportasi di Makassar masih cukup terjangkau. Misalnya saja angkot yang mematok harga sekitar Rp.5.000. Maka jika ditotal dalam sebulan dibutuhkan biaya sebesar Rp.150.000.

 

Biaya Hiburan

Selain biaya-biaya tadi, jangan lupa dibutuhkan pula biaya untuk hiburan. Misalnya menonton bioskop atau nongkrong di kafe.

 

Untuk sekali nonton bioskop kamu perlu menyiapkan biaya sebesar Rp.30.000. Sementara kalau nongkrong di cafe kamu butuh minimal Rp.25.000 untuk membeli minuman atau cemilan.

 

Bila ingin jalan-jalan, misalnya ke Pantai Losari, maka perlu biaya sekitar Rp.20.000. Jika ditotal dalam satu bulan dibutuhkan kurang lebih biaya hingga Rp.200.000.

 

Biaya Kebutuhan Sandang

Busana atau sandang menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Nah, untuk memenuhi kebutuhan sandang, kamu bisa pergi ke Pasar Sentral atau Pasar Buntung.

 

Harga busana di sana terbilang murah dan terjangkau. Harga busana di sana mulai dari Rp.30.000 hingga Rp.100.000. Selain itu kamu juga bisa mampir dan belanja ke Mall.

 

Jadi, kamu harus bijak memilih tempat belanja. Jika ingin hemat maka belanjalah di pasar. Namun, jika punya budget lebih kamu bisa belanja di Mall.

 

Itu tadi biaya hidup mahasiswa di Makassar. Jika ditotal maka kurang lebih biaya yang perlu disiapkan sekitar Rp.1.500.000 hingga Rp.2.000.000.

 

Perlu diketahui juga bahwa biaya tersebut belum termasuk biaya kuliah misalnya fotokopi atau buku.