Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Daftar Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP yang Perlu Diperhatikan

Beasiswa LPDP 2025 / 2026 – Pendaftaran program beasiswa LPDP 2025 Tahap 1 resmi dibuka muai dari tanggal 17 Januari hingga 17 Februari 2025.

 

Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP

Dalam proses pendaftaran tentunya melalui beberapa tahap proses seleksi dan salah satunya terdapat tahapan seleksi administrasi sebagai gerbang awal yang harus dilewati.

 

Proses seleksi administrasi merupakan tahapan awal yang harus dilalui bagi para pelamar. Pasalnya, seleksi administrasi LPDP menjadi tahapan yang dapat menentukan pelamar bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Perlu diketahui, jika pelamar kurang teliti, maka dapat menimbulkan proses pendaftaran terhenti dan batal menerima program beasiswa LPDP. Lalu, apa sih yang sering bikin gagal pada tahap seleksi administrasi? Simak faktor berikut yang dirangkum IDBeasiswa dari akun resmi Instagram LPDP RI.

 

Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan gagalnya seleksi administrasi beasiswa LPDP, diantaranya:


1. Kesalahan Surat Rekomendasi

Kesalahan pada surat rekomendasi menjadi salah satu penyebab gagalnya seleksi administrasi beasiswa, hal ini disebabkan:

a. Tidak sesuai standar/format yang telah ditentuakan LPDP

b. Dibuat sudah terlalu lama dan diharapkan surat rekomendasi pada pendaftaran beasiswa LPDP 2025 tahap 1 diterbitkan sebelum Januari

c. Surat rekomendasi dengan offline formulir tidak ditandatangani oleh pemberi rekomendasi.

d. Surat rekomendasi bukan ditujukan untuk beasiswa LPDP.

 

2. Kesalahan LoA (Letter of Acceptance)

Kesalahan pada Letter of Acceptance (LoA) juga dapat menyebabkan gagalnya seleksi Administrasi beasiswa LPDP, diantaranya:

a. Tidak mencantumkan tanggal intake atau mulai studi

b. Pilihan prodi dan/atau perguruan tinggi di luar daftar LPDP, namun tidak melampirkan dokumen bukti pendukung

c. LoA masih bersifat conditional

d. Tidak melampirkan surat keterangan defer (tunda studi) bagi LoA yang tanggal intake lebih cepat dari ketentuan LPDP

e. LoA yang dilampirkan berbeda dengan tujuan studi yang diinput dalam aplikasi pendaftaran

 

3. Kesalahan Sertifikat Bahasa Inggris
Penyebab gagalnya seleksi administrasi beasiswa LPDP bisa juga dari sertifikat yang dibutuhkannya, diantaranya:

a. Skor kurang dari yang dipersyaratkan

b. Sertifikat bahasa berupa prediction test

c. Tidak terverifikasi keasliannya pada portal resmi lembaga penerbit sertifikat bahasa

d. Sertifikat telah kedaluwarsa dengan kata lain telah melebih batas waktu 2 tahun dari awal pendaftaran.

 

4. Kesalahan Usulan Surat Pada TNI/Polri/PNS

Kegagalan administrasi LPDP lainnya dapat disebabkan akibat surat usulan bagi TNI/Polri/PNS, diantaranya:

a. Pejabat yang mengesahkan surat usulan bukan termasuk pejabat Eselon II sesuai ketentuan LPDP

b. Surat usulan tidak mencantumkan informasi nama dan NIP pendaftar

c. Surat usulan bukan ditujukan untuk beasiswa LPDP

 

Itulah beberapa penyebab gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP yang perlu diperhatikan.

 

Cara Daftar & Kontak Resmi Beasiswa LPDP

Pendaftaran program beasiswa LPDP 2025 tahap 1 dapat dilakukan secara online dan untuk informasi lengkap mengenai syarat dan tata cara daftar bisa klik link berikut: Pendaftaran Beasiswa LPDP 2025

 

Demikianlah beberapa faktor penyebab gagalnya seleksi administrasi beasiswa LPDP yang perlu diperhatikan.

Posting Komentar untuk "Daftar Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP yang Perlu Diperhatikan"