Daftar Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP yang Perlu Diperhatikan
Beasiswa LPDP 2025 / 2026 –
Pendaftaran program beasiswa LPDP 2025 Tahap 1 resmi dibuka muai dari tanggal
17 Januari hingga 17 Februari 2025.
Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP
Dalam proses pendaftaran
tentunya melalui beberapa tahap proses seleksi dan salah satunya terdapat
tahapan seleksi administrasi sebagai gerbang awal yang harus dilewati.
Proses seleksi
administrasi merupakan tahapan awal yang harus dilalui bagi para pelamar. Pasalnya,
seleksi administrasi LPDP menjadi tahapan yang dapat menentukan pelamar bisa
melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Perlu diketahui, jika pelamar
kurang teliti, maka dapat menimbulkan proses pendaftaran terhenti dan batal
menerima program beasiswa LPDP. Lalu, apa sih yang sering bikin gagal pada
tahap seleksi administrasi? Simak faktor berikut yang dirangkum IDBeasiswa dari
akun resmi Instagram LPDP RI.
Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP
Berbagai faktor yang dapat menyebabkan gagalnya seleksi administrasi beasiswa LPDP, diantaranya:
1. Kesalahan Surat Rekomendasi
Kesalahan pada surat
rekomendasi menjadi salah satu penyebab gagalnya seleksi administrasi beasiswa,
hal ini disebabkan:
a. Tidak sesuai
standar/format yang telah ditentuakan LPDP
b. Dibuat sudah terlalu
lama dan diharapkan surat rekomendasi pada pendaftaran beasiswa LPDP 2025 tahap
1 diterbitkan sebelum Januari
c. Surat rekomendasi
dengan offline formulir tidak ditandatangani oleh pemberi rekomendasi.
d. Surat rekomendasi bukan
ditujukan untuk beasiswa LPDP.
2. Kesalahan LoA (Letter
of Acceptance)
Kesalahan pada Letter
of Acceptance (LoA) juga dapat menyebabkan gagalnya seleksi Administrasi
beasiswa LPDP, diantaranya:
a. Tidak mencantumkan
tanggal intake atau mulai studi
b. Pilihan prodi dan/atau
perguruan tinggi di luar daftar LPDP, namun tidak melampirkan dokumen bukti
pendukung
c. LoA masih bersifat
conditional
d. Tidak melampirkan surat
keterangan defer (tunda studi) bagi LoA yang tanggal intake lebih cepat dari
ketentuan LPDP
e. LoA yang dilampirkan
berbeda dengan tujuan studi yang diinput dalam aplikasi pendaftaran
3. Kesalahan Sertifikat
Bahasa Inggris
Penyebab gagalnya seleksi administrasi beasiswa LPDP bisa
juga dari sertifikat yang dibutuhkannya, diantaranya:
a. Skor kurang dari yang
dipersyaratkan
b. Sertifikat bahasa
berupa prediction test
c. Tidak terverifikasi
keasliannya pada portal resmi lembaga penerbit sertifikat bahasa
d. Sertifikat telah kedaluwarsa
dengan kata lain telah melebih batas waktu 2 tahun dari awal pendaftaran.
4. Kesalahan Usulan Surat
Pada TNI/Polri/PNS
Kegagalan administrasi
LPDP lainnya dapat disebabkan akibat surat usulan bagi TNI/Polri/PNS, diantaranya:
a. Pejabat yang
mengesahkan surat usulan bukan termasuk pejabat Eselon II sesuai ketentuan LPDP
b. Surat usulan tidak
mencantumkan informasi nama dan NIP pendaftar
c. Surat usulan bukan
ditujukan untuk beasiswa LPDP
Itulah beberapa penyebab gagalnya
Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP yang perlu diperhatikan.
Cara Daftar & Kontak Resmi Beasiswa LPDP
Pendaftaran program
beasiswa LPDP 2025 tahap 1 dapat dilakukan secara online dan untuk informasi lengkap
mengenai syarat dan tata cara daftar bisa klik link berikut: Pendaftaran Beasiswa LPDP 2025
Demikianlah beberapa
faktor penyebab gagalnya seleksi administrasi beasiswa LPDP yang perlu
diperhatikan.
Posting Komentar untuk "Daftar Faktor Penyebab Gagalnya Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP yang Perlu Diperhatikan"